Penembakan rudal c-802a oleh Angkatan Laut Thailand

Tidak ada komentar

Penembakan rudal c-802a oleh Angkatan Laut Thailand, penembakan ini dilakukan dalam sesi latihan di Laut Andaman tanggal 05 April 2019.

Rudal ditembakkan dari kapal perang fregat kelas Chao Praya (type 053 HTH) HTMS Kraburi pada target yang berjarak 100 km dan berhasil mengenai targetnya. Uji tembak dengan rudal C-802A ini adalah peluncuran pertama dengan rudal anti kapal tersebut di Angkatan Laut Kerajaan Thailand dan juga pertama kalinya di kawasan ASEAN, seperti ditulis oleh RoyalThainavy.

Rudal C-802A adalah rudal anti kapal buatan Tiongkok. Rudal anti kapal dengan kecepatan sub sonic ini menggunakan bahan bakar padat dengan hulu ledak armor semi-piercing dan memiliki dampak ledakan tunda yang memaksimalkan kerusakan pada bagian dalam kapal perang yang diserangnya.

C-802A memiliki memiliki panjang 6,383 meter dan diameter 0,36 meter, dengan bentangan sayap 1,22 dengan berat total 802 kilogram.

Rudal dapat digunakan dalam kondisi laut normal, hingga permukaan laut dengan kondisi sea level 5. Selain fregat HTMS Kraburi (457) rudal anti kapal C-802A juga melengkapi fregat HTMS Saiburi (458).

Sedangkan fregat HTMS Kraburi adalah fregat buatan China State Shipbuilding Corp Tiongkok yang dibeli dengan harga “terjangkau” khusus untuk Angkatan Laut Thailand. Dibeli dengan harga sekitar US$ 62 juta per unit, secara keseluruhan Thailand memiliki empat fregat dari class Jianghu.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.