Rusia Tetap Komitmen Pasok 11 Unit Jet Tempur Generasi 4.5 Sukhoi Su-35 ke Indonesia

Tidak ada komentar


Rencana pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 Super Flanker untuk TNI AU berlanjut. Rusia menegaskan komitmennya soal kontrak pengadaan 11 unit pesawat tempur itu.


“Kontrak pembelian Su-35 untuk Indonesia masih berlaku. Kami sedang bekerja bersama untuk merumuskan hal itu. Kami sedang membahas beberapa rincian kecil yang tercantum di dalam kontrak,” ujar Direktur Dinas Federal untuk Kerja Sama Teknis dan Militer Rusia, Dmitriy Shugaev, di sela pameran kedirgantaraan MAKS 2019, di Bandara Internasional Zhukovskyi, Moskwa, Rabu 28 Agustus 2019.


Dia menyatakan, Rusia berharap akan ada perkembangan dalam waktu dekat sehingga kontrak tersebut bisa terwujud. “Itu yang bisa saya katakan,” katanya.


Indonesia yang sejak awal 2015 berencana membeli Sukhoi Su-35 Super Flanker sebagai calon pengganti F-5E/F Tiger II di Skuadron Udara 14 TNI AU.


Sukhoi Su-35 merupakan pesawat tempur multiperan, kelas berat, berjelajah panjang, dan bertempat duduk tunggal. Pesawat ini dikembangkan dari Su-27, dan awalnya diberi nama Su-27M.


Sukhoi Su-35 dikembangkan untuk menandingi F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Karena kesamaan fitur dan komponen, Su-35 dianggap sebagai sepupu dekat Sukhoi Su-30MKI, sebuah varian Su-30 yang diproduksi untuk India.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.