Myanmar Terima Kapal Selam Kelas Kilo dari India

Tidak ada komentar

 Kapal Selam Kelas Kilo Project 877 EKM
Kapal Selam Kelas Kilo Project 877 EKM
India baru-baru ini telah menyerahkan kapal selam kelas Kilo (Project 877EKM) bekas pakai kepada Angkatan Laut Myanmar, yang akan menjadi kapal selam pertama negara itu. Kapal selam tersebut sebelumnya adalah INS Sindhuvir milik AL India.

INS Sindhuvir adalah salah satu dari 10 kapal selam kelas diesel-elektrik Kilo buatan Rusia yang dibeli untuk Angkatan Laut India. Kapal selam itu mulai beroperasi pada tahun 1988, diupgrade dengan project 08733 pada tahun 1999.

Pengadaan kapal selam bekas dari pemerintah India ini didasarkan pada perencanaan strategis Myanmar di Teluk Benggala. Pemerintah Tiongkok sebelumnya telah menawarkan kapal selam lama Type 035G "Ming" seperti yang dijual kepada Bangladesh, tetapi Myanmar menolak proyek ini.

Awak kapal selam Myanmar telah menyelesaikan pelatihan mereka di India dan telah membawa kapal selam itu ken Myanmar dalam beberapa hari terakhir.

AL Myanmar masih belum mengungkapkan nama untuk kapal selam mereka. Tetapi yang jelas kapal selam itu dipersiapkan memasuki kedinasan secara resmi pada upacara peringatan hari Angkatan Laut Myanmar pada 24 Desember mendatang, yang akan membuat Myanmar menjadi negara ke-5 di ASEAN yang mengoperasikan kapal selam.

Narasumber intelijen menyebutkan AL Myanmar akan memasang torpedo berat buatan India pada kapal selam Kilo dari India tersebut sebagai upaya untuk menghemat biaya.

Myanmar mengindikasi bahwa kapal selam bekas pakai dari India tersebut akan digunakan untuk keperluan latihan untuk membentuk kemampuan peperangan bawah air negara tersebut. Myanmar berencana membeli kapal selam dari Rusia, yang kemungkinan juga merupakan kapal bekas.

Komentar