Senjata Generasi Terbaru Buatan Rusia

Tidak ada komentar


Sukhoi T50 PAK FA, foto: prokimal online

TSM-T-50 PAK FA adalah pesawat tempur generasi kelima milik Rusia, yang digadang paling canggih di antara seluruh keluarga seri pesawat tempur Sukhoi. Dikembangkan oleh biro desain Sukhoi OKB, untuk melayani pertempuran moderen di masa depan. Pesawat ini dikembangkan pada tahun 2007, dan dianggap sebagai saingan terberat dari F-35 dan F-22 Raptor.

T-50 PAK FA diawaki oleh 1 orang pilot, memiliki panjang 22 m dengan lebar mencapai 14 m. Dilengkapi dengan mesin NPO Saturn dan FNPTS MPP Salyut-AL 141F1, yang mampu mendorong T-50 hingga kecepatan mach 2 dengan daya jangkau hingga 5.000 Km. T-50 dilengkapi dengan persenjataan 1 meriam Gsh-50, dan berbagai macam tipe rudal yang mampu dibawa.
Tank Armata, Foto: telegraph.co.uk 

T-14 Armata tank tempur generasi 5, milik Rusia yang memiliki teknologi super canggih. Beragam sensor dan radar terdapat dalam tubuh T-14, dan dilengkapi dengan NERA (Non Explosive Reactive Armor) sebagai perisai utama. Tidak hanya NERA, terdapat juga APS Afghanit sebagai perisai aktif perlindungan bagi T-14.

Walaupun terhitung canggih, tank ini belum masuk dinas operasional lantaran masih banyak aspek yang perlu dibenahi dan dikembangkan. Berikut ini data teknis mengenai tank Armata, jarak jangkau mencapai 500Km, meriam tank tipe 125mm 2A82 M-1, mesin diesel 12 silinder, awak tank 3 orang, dan kecepatan maksimal mencapai 90Km/perjam.
Kapal Selam Borey Class, Foto:defenceforumindia.com 
Borei Class kapal selam nuklir rudal balistik generasi keempat milik Rusia. Kapal pertama dari Borei Class diberi nama Yury Dolgoruky, nama tersebut diambil dari pahlawan Rusia yang menemukan kota Moscow, dan uniknya lagi kota Moscow ikut menyumbang dana bagi pengembangan Borei sehingga alasan pemberian nama Yury Dolgoruky menjadi jelas. Borei Class merupakan salah satu monster bawah laut yang berbahaya, apalagi Borei dilengkapi dengan rudal nuklir Bulava yang sangat berbahaya. Borei Class ditempatkan di Dermaga AL Vilunchnisk, wilayah timur jauh Rusia yang terletak di semenanjung Kamchatka.

Rusia membangun 5 kapal tiper Borei Class mulai dari Yury Dolgoruky, Alexander Nevsky, Vladimir Monomakh, Knayz Vladimir, dan Alexander Suvorov, anehnya hanya 3 yang diakui beroperasi sedangkan 2 lainnya tidak diketahui. Borei dilengkapi dengan 20 rudal nuklir Bulava, 6 torpedo 533mm, enam rudal RPK-2 Viyuga. Borei juga dilengkapi dengan Floating Rescue Chamber sebagai sarana penyelamatan awak, ketika kapal tenggelam. Borei dirancang sanggup berenang dengan kecepatan 54 Km/perjam, dengan kedalaman rata-rata mencapai 450m.

TSM

Komentar