AL Meksiko Luncurkan Kapal ARM Reformador

Tidak ada komentar

Angkatan Laut Meksiko meluncurkan kapal patroli lepas pantai jarak jauh (Patrulla Oceánica de Largo Alcance – POLA) yang berbasis pada desain kapal SIGMA dalam sebuah upacara di Oaxaca Meksiko pada 23 November.

Upacara peluncuran kapal yang diberi nama ARM Reformador tersebut, bertepatan dengan Hari Angkatan Laut Meksiko.

Kapal dengan panjang 107-meter itu diluncurkan dengan helikopter Sikorsky di dek helikopter dan meriam 57mm Bofors terpasang.

Kapal OPV POLA Angkatan Laut Meksiko didasarkan pada desain kapal SIGMA 10514 Damen yang, juga digunakan oleh Angkatan Laut Indonesia dan Maroko.

ARM Reformador memulai konstruksi modular pada bulan Agustus 2017 setelah penandatanganan kontrak antara Meksiko dan pembuat kapal Belanda Damen. OPV tersebut dibangun dalam enam modul, dua di Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) di Vlissingen, Belanda, dan empat modul di Meksiko.

ARM Reformador akan membawa rudal anti-kapal Harpoon Block II, rudal permukaan-ke-udara Rolling Airframe Missile (RAM), torpedo ringan MK 54 Mod 0 dan peluncur VLS MK56 8-sel dengan rudal Evolved Seasparrow Missiles (ESSM). Kapal ini juga akan dilengkapi dengan sistem pertahanan elektronik RIGEL buatan Indra Spanyol yang akan menyediakan perangkat jamming dan penipuan secara bersamaan untuk ancaman aktif majemuk selain juga untuk mendeteksi dan menganalisis sinyal radar di lingkungan misi kapal.

Dengan displacement 2.570 ton dan mencapai kecepatan maksimum 27 knot dengan penggerak combined diesel-electric and diesel-mechanical (CODED), POLA akan memiliki kemampuan otonom selama 20 hari di laut.

Outfitting lebih lanjut, tes dan uji coba akan berlanjut di tahun 2019. Kapal dijadwalkan akan diserahkan ke Angkatan Laut Meksiko pada awal 2020.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.