Fregate Tercanggih Anggkatan Laut Pakistan

Tidak ada komentar

Cina sedang membangun kapal pertama dari empat kapal perang angkatan laut “paling maju” untuk Pakistan sebagai bagian dari kesepakatan senjata bilateral utama untuk memastikan antara lain “keseimbangan kekuatan” di Samudra Hindia yang strategis, media pemerintah melaporkan.

Dilengkapi dengan sistem deteksi dan senjata modern, kapal itu mampu melakukan operasi anti-kapal, anti-kapal selam dan pertahanan udara, kata China Daily mengutip kontraktor pertahanan milik pemerintah China State Shipbuilding Corporation (CSSC).

Kapal yang sedang dibangun itu adalah versi fregat rudal paling canggih milik Angkatan Laut Tiongkok. CSSC tidak merinci jenis kapal itu tetapi mengatakan sedang dibangun di galangan kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai.

Cina menjadi pemasok sistem senjata terbesar ke Pakistan. Kedua negara juga bersama-sama memproduksi pesawat tempur multi-peran mesin tunggal JF-Thunder.

Kelas kapal itu adalah Tipe 054AP, yang artinya didasarkan pada Tipe 054A Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), kata laporan itu mengutip Angkatan Laut Pakistan.

Angkatan Laut Pakistan sebelumnya mengatakan empat kapal semacam itu telah dipesan.

Setelah dibangun, kapal perang “akan menjadi salah satu platform terbesar dan maju secara teknologi Angkatan Laut Pakistan dan memperkuat kemampuan negara untuk menanggapi tantangan di masa depan, menjaga perdamaian dan stabilitas dan keseimbangan kekuatan di wilayah Samudra Hindia,” kata laporan itu.

Kapal itu juga akan mendukung Angkatan Laut Pakistan untuk mengamankan jalur laut internasional dengan berpatroli di perairan yang jauh, kata harian itu mengutip CSSC.

Cina, yang telah mengambil alih pelabuhan Gwadar yang strategis di Pakistan melalui ‘Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan’ atau ‘CPEC’, berupaya membantu angkatan laut Pakistan untuk memulihkan keseimbangan kekuatan di halaman belakang India.

Cina baru-baru ini membantah laporan New York Times bahwa mereka menyelesaikan rencana untuk membangun pesawat tempur canggih di bawah ‘CPEC’ di Pakistan, menambahkan dimensi militer untuk itu.

India memprotes Cina atas ‘CPEC’ karena diletakkan melalui Kashmir yang diduduki Pakistan (PoK).

Pakistan menjadi negara pertama yang terhubung dengan Sistem Navigasi Satelit BeiDou China, saingan dari Global Positioning System (GPS) AS yang menjadi global baru-baru ini. Sistem itu diharapkan akan digunakan untuk aplikasi militer.

Laporan itu mengatakan Tipe 054A merupakan fregat terbaik yang beroperasi dengan Angkatan Laut PLA. Sumber-sumber militer mengatakan kapal itu memiliki perpindahan penuh sekitar 4.000 metrik ton dan dilengkapi dengan radar dan rudal canggih. Sekitar 30 Tipe 054A sedang beroperasi dengan Angkatan Laut PLA.

Orang dalam di sektor pembuatan kapal Tiongkok dengan pengetahuan tentang program Tipe 054AP mengatakan kepada Daily bahwa kapal itu adalah kapal tempur terbesar dan paling kuat yang pernah diekspor Tiongkok.

“Berdasarkan gambar yang beredar di internet, kapal akan memiliki sel peluncuran vertikal yang dapat menembakkan rudal pertahanan udara HQ-16 Tiongkok dan jenis rudal lainnya. Sel peluncuran vertikal akan membawa fleksibilitas kepada pengguna dalam hal portofolio senjata, sehingga memberikan kapal itu kemampuan bertarung yang lebih kuat,” katanya, seraya menambahkan bahwa Type 054AP merupakan fregat terbaik Pakistan yang dapat diakses di pasar internasional.

“Layanan Tipe 054AP akan menggandakan kekuatan tempur armada permukaan Angkatan Laut Pakistan,” katanya.

Mengomentari pembangunan kapal, Cao Weidong, seorang peneliti senior di Lembaga Penelitian Studi Militer Angkatan Laut PLA, mengatakan di masa lalu, Angkatan Laut Pakistan akan meminta kontraktor Cina untuk menggunakan radar Barat atau senjata pada kapal yang dibuat oleh pembuat kapal Cina karena percaya teknologi angkatan laut Barat lebih baik daripada teknologi Cina.


“Tetapi tampaknya semua senjata dan radar di kapal baru itu adalah produk Cina, yang mencerminkan kemajuan kami di industri ini dan kepercayaan Angkatan Laut Pakistan terhadap teknologi dan kemampuan kami,” katanya.

Cao Weidong mengatakan ada banyak negara yang menjual fregat di pasar, jadi Pakistan harus membuat perbandingan menyeluruh dalam hal kemampuan dan biaya tempur.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.