Progres Proyek Pesawat Tempur Generasi 5 Pakistan

Tidak ada komentar

Desain Konsep Pesawat Tempur Gen 5 Pakistan, Foto: Quwa.org

“Project Azm” Pakistan yang akan mengembangkan pesawat tempur siluman generasi kelima telah dipercepat, dengan siklus pertama dari “fase desain konsep” sudah diselesaikan, lansir quwa.

“Siklus pertama fase desain konsep telah selesai. Konfigurasi pertama yang dirancang berdasarkan persyaratan kinerja yang menantang dari Angkatan Udara Pakistan (PAF) akan melewati tiga siklus lagi dalam desain konseptual dengan menggunakan alat dan kode analisis ketepatan yang lebih tinggi, ”tulis buku tahunan Ministry of Defence Production’s (MoDP) untuk 2017- 2018.

Diluncurkan pada tahun 2017, Project Azm selain akan mengembangkan program pesawat tempur generasi kelima (FGFA) Islamabad, juga akan memproduksi drone siluman jarak jauh (medium-altitude and long-endurance unmanned aerial vehicle – MALE UAV), amunisi baru dan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh yang cerdas.

Terkait Project untuk pesawat siluman FGFA, dalam sebuah wawancara, Kepala Staf Angkatan Udara Pakistan, Marsekal Udara Mujahid Anwar Khan, menyatakan dirinya tidak berharap FGFA akan siap operasional dalam satu dekade ke depan.

Menurut Marsekal Udara (ACM) Sohail Aman pada tahun 2017 lalu “Pekerjaan desain MALE UAV sedang dalam tahap akhir,”.

Komentar