Thailand Beli LPD 071E Tipe Kunlun Shan

Tidak ada komentar

LPD  071E dari Tipe Kunlun Shan
LPD  071E dari Tipe Kunlun Shan, Foto: @CavasShips
Angkatan Laut Thailand menandatangani kontrak senilai sekitar US$ 130 juta dengan perusahaan galangan kapal China Shipbuilding State Corporation (CSSC) untuk pembelian kapal pendarat amfibi Project 071E, lansir Livejournal,

Kapal akan dibangun di galangan kapal Hudong-Zhonghua Shipbuilding Group di Shanghai, anggota CSSC Shanghai Shipbuilding company.

Project 071E adalah versi ekspor dari landing ship dock helicopter dari Projet 071 (tipe Kunlun shan) yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut PLA. Dari 2007 hingga sekarang, Galangan Shanghai Hudong-Zhonghua menyerahkan enam kapall Tupe 071 kepada armada Tiongkok, satu lagi sedang dalam tahap uji coba dan satu lagi (diluncurkan pada 6 Juni 2019) sedang tahap mengapung.

Fungsi utama kapal induk Kunlun Shan 998 adalah untuk melancarkan serangan amfibi dan udara. Namun, kapal ini juga dapat digunakan untuk berbagai fungsi lain seperti menjadi landasan helikopter di perairan, mengirim bantuan kemanusiaan akibat bencana, mengevakuasi pengungsi dari suatu daerah, dan melancarkan operasi seperti menghadapi bajak laut di Laut Arab. Kapal induk ini berperan aktif menyusuri perairan Somalia dan Teluk Aden yang diganggu oleh bajak laut semenjak Desember 2008, dan telah melakukan pengawalan terhadap 2.248 kapal-kapal Tiongkok dan asing atau sebanyak 213 armada.

Kapal-kapal project 071 memiliki total perpindahan sekitar 25 ribu ton dan panjang 210 meter. Setiap kapal membawa empat helikopter angkut Z-8F dan dua hovercraft Project 726, dibangun berdasarkan kapal tipe LCAC Amerika Serikat. Dengan demikian, landing ship dock helicopter 071E dari Thailand yang dipesan akan menjadi kapal perang terbesar yang dibangun di Cina untuk ekspor.

Komentar