Burgaria Tertarik Beli T-50 Golden Eagle

Tidak ada komentar

T50 Golden Eagle KAI, Foto: Pinterest

merilis laporan kunjungan Perdana Menteri Bulgaria ke Korea Selatan. Delegasi itu juga termasuk menteri pertahanan. Salah satu tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengembangkan kerja sama industri antara kedua negara.

Selama kunjungan ke Korea Selatan, Krasimir Karakachanov, kepala kementerian pertahanan Bulgaria, berbicara tentang pembangunan jalur perakitan pesawat T-50 di Bulgaria, yang diproduksi oleh Korea Aerospace Industries bekerjasama dengan Lockheed Martin. Namun, tidak ada informasi tentang perincian penawaran Bulgaria.

T-50 Golden Eagle adalah pesawat supersonik pertama yang dikembangkan oleh industri Korea Selatan bekerja sama dengan Lockheed Martin. Awalnya dirancang sebagai pesawat latih untuk pilot pesawat tempur modern, T-30 akhirnya dikembangkan menjadi beberapa versi.

T-50 Golden Eagle pernah ikut ambil bagian dalam program pencarian pesawat latih baru untuk Angkatan Udara AS, tetapi tidak berhasil. T-50 juga ditawarkan dalam tender untuk pesawat pelatihan untuk Polandia, di mana Leonardo menerima kontrak untuk pasokan pesawat Master M-346.

Namun pesawat latih T-50 sukses dibeli beberapa negara seperti Indonesia, Irak, Filipina dan Thailand.

Komentar