Mesir Tak Mau Rafale India Lebih Murah Dibanding Mesir Dan Qatar

Tidak ada komentar

Mesir Tak Mau Rafale India Lebih Murah Dibanding Mesir Dan Qatar
Rafale, Foto: defenceforumindia.com
Negosiasi antara India dan Prancis terkait pembelian 36 pesawat Dassault Rafale bisa berlarut-larut sampai akhir tahun ini karena perbedaan masalah harga dan isu-isu lainnya.

Prancis mengingingkan jet tempur Rafale untuk India akan dibanderol dengan harga yang sama seperti pesawat yang dijual ke Mesir dan Qatar, media Prancis melaporkan Senin 28 September 2015. India dan Prancis memulai negosiasi untuk kesepakatan baru untuk 36 jet tempur pada bulan Mei tahun ini setelah membatalkan rencana pembelian 126 jet tempur yang tidak menemukan titik temu setelah tiga tahun.

Harga yang diminta oleh Prancis kali ini, dilaporkan menjadi sebesar US$ 8 miliar atau lebih mahal dibanding kesepakatan sebelumnya. Prancis bersikeras bahwa mereka tidak bisa menjual dengan harga di bawah apa yang telah dijual ke Mesir dan Qatar. Selain itu Prancis juga sedang dalam jalur penjualan Rafale dengan negara lain seperti UEA dan Malaysia sehingga tidak ingin membedakan harga.

“Saat kesepakatan 126 pesawat, itu [harga yang disepakati] akan menjadi harga yang sangat bagus,” kata seorang sumber Prancis pada kondisi anonimitas. Dalam tiga tahun, harga Rafale sudah naik untuk semua pelanggan termasuk Angkatan Udara Prancis.

Sumber: IMD

Komentar