Indonesia Andalkan Rusia untuk Menanggulangi Kebakaran Hutan

Tidak ada komentar

Indonesia Andalkan Rusia untuk Menanggulangi Kebakaran Hutan
Pesawat Amfibi B-200, Foto: RBTH.Indonesia 

Sejarah mungkin berulang, kemungkinan Indonesia kembali akan meminta bantuan Rusia untuk memadamkan kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan, seperti yang pernah terjadi pada tahun 2006, dimana Rusia menurunkan pesawat canggih amfibi B-200 utuk memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan
Pada laman RBTH.Indonesia tertulis, Menteri Koordinator Hukum, Politik, dan Keamanan Indonesia Luhut Panjaitan mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia telah membicarakan mengenai pemadaman kebakaran di Indonesia dengan dengan pihak Rusia. Usai pembicaraan, sang menteri dan Duta Besar Rusia di Jakarta mempertimbangkan kemungkinan pengeluaran pesawat amfibi Be-200 untuk memadamkan api di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Pada Senin (28/9), Indonesia melangsungkan pembicaraan di tingkat kepala kementerian dengan Singapura terkait kerja sama dalam menanggulangi kebakaran hutan.

Saat ini, layanan pemadam kebakaran negara menggunakan 19 helikopter, dua pesawat agrikultural dan empat pesawat untuk menanggulangi kebakaran hutan dari udara.

Di Indonesia, petani membakar hutan untuk membersihkan lahan pertanian. Secara signifikan, hal ini meningkatkan bahaya asap yang dapat tertiup oleh angin menuju negara tetangga. Pada tahun 2013, asap dari kebakaran hutan di Pulau Sumatera, Indonesia, mengancam pelayaran di Selat Malaka dan Singapura. Asap yang disebabkan oleh pembersihan wilayah pertanian di Sumatera ini menyelimuti Singapura, Malaysia, dan wilayah selat.


Komentar