J-20 Mighty Dragon China Jadi Pesawat Tempur Siluman Kursi Ganda Pertama

Tidak ada komentar

Globaltimes (18/1) memberitakan bahwa jet tempur siluman J-20 Mighty Dragon buatan China, memiliki potensi untuk menjadi jet tempur siluman (stealth) pertama di dunia yang memiliki kursi ganda.

Selama ini, jet tempur siluman di dunia seperti F-22 dan F-35 dari Amerika Serikat atau Sukhoi Su-57 dari Rusia tidak ada yang memiliki kursi ganda. Artinya, kalau sampai muncul J-20 kursi ganda, maka ia berhak menyandang gelar sebagai jet tempur siluman berawak dua pertama di dunia.

Varian kursi ganda sendiri akan memungkinkan satu jet tempur siluman mengakomodasi tugas yang lebih spesifik. China sendiri nampaknya akan mengembangkan jet tempur J-20 Mighty Dragon menjadi sejumlah varian khusus seperti pembom, peperangan elektronik, dan bahkan jet tempur yang mampu beroperasi dari kapal induk.

Sejumlah laporan dari pengamat mengatakan bahwa J-20 Mighty Dragon berkursi ganda ini tengah dikembangkan. Kursi ganda memungkinkan awak berbagi tugas, pilot bertempur dan bermanuver sementara navigator/ co-pilot mengendalikan subsistem yang ada pada pesawat.

Yang Wei selaku kepala perancangan J-20 Mighty Dragon sendri mengatakan pada bulan Maret 2018 bahwa jet tempurnya itu selalu dikembangkan kemampuan tempurnya.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.