Rencana Mesir Borong JF-17 Thunder dari Pakistan

Tidak ada komentar

Angkatan Udara Mesir dilaporkan telah menunjukkan minatnya yang besar dalam memperoleh varian lanjutan dari jet tempur bermesin tungga JF-17 Thunder Pakistan yang baru untuk menggantikan dalam jumlah besar armada pejuang generasi ke-2 yang semakin tua, seperti dilansir dari laman Military Watch.

Angkatan Udara Mesir saat ini memang termasuk yang terbesar di dunia, tetapi mereka itu sangat bergantung pada varian-varian dari jet tempur tua MiG-21 Rusia dan Mirage 2000 Prancis, dimana beberapa ratus dari mereka saat ini masih dalam pelayanan.

Dassault Mirage 2000 Anggkatan Udara Mesir, Foto: easternorbat.com

Negara Mesir juga menurunkan satu skuadron pejuang J-7 Tiongkok, yang diperolehnya era 1970-an, dan F-4 Phantom yang diproduksi era Perang Vietnam. Semua pesawat ini dihargai karena keandalannya dan biaya operasional yang cukup rendah dan memberi armada Mesir keunggulan numerik yang besar atas semua musuh potensial, tapi itu belum dimodernisasi secara memadai dengan sensor, avionik atau sistem peperangan elektronik terkini. Pesawat-pesawat warisan ini juga tak memiliki kemampuan untuk mengoperasikan amunisi modern dan dalam pertempuran udara ke udara terbatas pada keterlibatan jarak pendek.

JF-17 dirancang untuk memberikan klien dunia ketiga dengan “pesawat tempur” yang sangat hemat biaya dan perawatan rendah yang mampu mengerahkan amunisi modern tercanggih, dan mewakili upgrade yang cukup besar dua generasi di depan para pejuang warisan Mesir.

MIG-21 Fishbet Angkatan Udara Mesir, Foto: fly-fighter-jet.com

JF-17 Blok 3 di mana Mesir telah menunjukkan minatnya yang kuat, memanfaatkan tangki bahan bakar konformal, sistem peperangan elektronik canggih dan radar array yang dipindai secara elektronik aktif (AESA), dengan kemampuan canggih ini menjadikannya sebagai jet tempur generasi ke-4.

Biaya operasional dan kebutuhan perawatan jet tempur juga sangat rendah, berarti bahwa mengganti jet yang lebih tua dengan JF-17 tidak akan secara signifikan meningkatkan biaya operasional keseluruhan dari armada tempur Mesir, hal yang sama tak dapat dilakukan oleh jet tempur generasi ke-4 atau generasi ke-4+ lainnya seperti MiG-29M Rusia apalagi F/A-18 Hornet Amerika Serikat (AS).

F16 Angkatan Udara Mesir, Foto: defensenews.com

JF-17 tidak hanya akan mewakili modernisasi armada warisan Mesir, namun varian Blok 3 juga akan jauh lebih mampu daripada F-16 Fighting Falcons yang saat ini menjadi andalan armada tempur negara itu. Sementara ini, Mesir memiliki lebih dari 200 unit pejuang F-16 yang ada dalam 9 skuadron, ini adalah varian yang lebih tua dari Fighting Falcon yang tak memiliki sistem peperangan elektronika dan sensor canggih dari rekan-rekan buatan China-Pakistan mereka.

Armada JF-17 akan memberikan Mesir keunggulan utama relatif terhadap F-16, terutama kemampuannya untuk menggunakan amunisi udara-ke-udara modern, karena Mesir selama beberapa dekade telah dilarang mendapatkan rudal udara-ke-udara AIM-120B AS – apalagi rudal AIM-120C yang lebih modern yang saat ini digunakan oleh negara tetangganya Israel.

Kurangnya rudal AIM-120 telah membuat armada Fighting Falcon Mesir bergantung pada misil “burung pipit” AIM-7 Sparrow yang telah berumur puluhan tahun untuk misi udara ke udara jarak menengah dan jauh, dan platform ini keduanya terbatas dalam jangkauan dan sangat mudah dihindari dengan menggunakan penanggulangan elektronika modern seperti yang dikerahkan oleh para pejuang Israel.

JF-17 Thunder dan Rudal PL-12, Foto: wiwkipedia.org

Pakistan dan China, sangat “berbeda” dengan Amerika Serikat, tidak akan memberlakukan pembatasan atau embargo atas penjualan amunisi udara-ke-udara bagi jet tempur mereka, yang berarti bahwa jet tempur JF-17 akan dapat menggunakan rudal udara-ke-udara PL-12.

Platform canggih ini, dengan jangkauan keterlibatan 100 km, mempertahankan kemampuan yang dianalogikan setara dengan AIM-120C AS dan ini merupakan peningkatan yang cukup besar untuk kemampuan diluar jangkauan visual Angkatan Udara Mesir.

Sementara armada F-16 Israel saat ini menikmati keunggulan yang cukup besar dibanding rekan-rekan Mesir mereka, JF-17 akan jauh lebih mampu terlibat dengan persyaratan yang sama, sementara varian JF-17 Blok 3 yang dilengkapi dengan radar AESA ini akan memiliki tanda tangan radar yang jauh lebih kecil dan lebih sulit dideteksi oleh jet tempur Israel.

JF-17 Thunder juga mampu mengerahkan amunisi “standoff” canggih untuk peran “jelajah” anti-kapal dan serangan darat, yang tidak dapat diperoleh Mesir untuk para pejuang Barat karena pembatasan ekspor dan tekanan Israel.

Rudal jelajah anti-kapal supersonik CM-400AKG ini adalah varian untuk pesawat dari rudal jelajah YJ-12 yang mampu bergerak dengan kecepatan hingga Mach 4, memiliki jangkauan hingga 400 km, merupakan salah satu contoh yang akan memberikan kemampuan yang jauh melampaui apa pun yang pernah dioperasikan armada jet tempur Mesir ataupun salah satu tetangganya.

JF-17 Thunder Rudal jelajah anti-kapal supersonik CM-400AKG, Foto: defence.pk

Sementara JF-17 Blok 3 belum memasuki produksi massal, telah ada spekulasi bahwa para pejuang juga dapat dikonfigurasi untuk menggunakan rudal udara-ke-udara yang lebih maju seperti rudal PL-12D atau PL-15 yang dirancang untuk jet tempur generasi 4++ J-10C serta jet tempur generasi kelima J-20.

Sedangkan Israel pada bagiannya saat ini tidak memiliki analog dengan rudal-rudal ini, dan penempatan rudal mutakhir buatan China pada sejumlah besar jet tempur JF-17 Thunder ini mewakili cara yang efektif dari “segi biaya” untuk secara dramatis mengubah keseimbangan kekuatan demi kepentingan Mesir akibat “pembatasan” senjata AS selama beberapa dekade sebelumnya untuk memastikan keunggulan Israel yang cukup besar.

Mesir saat ini menyebarkan setidaknya 8 skuadron pejuang garis depan era Perang Vietnam, dan bahkan setengahnya akan digantikan oleh JF-17 dalam waktu dekat ini akan mewakili pembelian yang cukup besar, menjadikan Angkatan Udara Mesir sebagai operator terbesar dari pesawat tempur kelas ini selain Pakistan. Dengan China dan juga Pakistan mengambil langkah-langkah untuk memperluas produksi JF-17 secara signifikan, tentu sangat mungkin bahwa pesanan besar untuk jet tempur bermesin tunggal canggih ini sedang diantisipasi.

jakartagreater.com

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.