MS-21 Pesawat Jarak Menengah Pertama Rusia

Tidak ada komentar

MC-21 Pesaawat Jarak Menengah Pertamaa Rusia, Foto: wikipedia
Dengan kapasitas 163 hingga 211 penumpang, pesawat penumpang jarak menengah MS-21-300 adalah pesawat pertama Rusia dari kelas sejenis sejak keruntuhan Uni Soviet. Pesawat ini mampu terbang hingga jarak 6.000 km.

MS-21-300 sepenuhnya memenuhi standar tinggi IAC (Interstate Aviation Committee) dan dirancang untuk berbagai jenis kebutuhan dan keperluan. Sebagai contoh, diameter badan pesawat telah diperbesar sehingga interiornya bisa diatur ulang untuk memenuhi spesifikasi masing-masing maskapai.

Selain itu, mesin pesawat juga telah ditingkatkan untuk memenuhi standar teknologi modern. Penekanan desain mesin pesawat ini terdapat pada pengurangan kebisingan dan emisi berbahaya, sehingga dampak negatifnya terhadap lingkungan pun berkurang. Karena itu, MS-21-300 menggunakan lebih sedikit bahan bakar daripada pesaingnya, tetapi mampu terbang dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Pesawat ini pun lebih ringan daripada kompetitor dari kelas yang sama karena proporsi bahan komposit ringan yang digunakan lebih banyak (40 persen dari seluruh komposisi material).

Sementara, sistem tata udara atau pengatur suhu di dalam kabin juga kian canggih — tekanan internal ditingkatkan, sistem kelembapan udara dan filter biologis canggih dipasang, terdapat peralatan untuk tiga zona pengontrol suhu, dst.

Pihak pengembang berharap bahwa sertifikasi pesawat akan selesai pada 2020 dan produksi massal MS-21-300 dapat dimulai pada 2021.

Para pengunjung pertunjukan udara MAKS di Zhukovsky berkesempatan melihat ke dalam pesawat dan menyaksikannya “beratraksi” di angkasa.

Komentar